Literasi Keluarga

Nonton Jordy Bertanding Badminton

Oleh Tias Tatanka

Biasanya saya enggan menonton keluarga atau kerabat bertanding. Suka sport jantung dan nggak rela kalah. Hahaha. Apalagi Jordy Alghifary – anak sendiri yang nomor dua, ternyata mewarisi bakat ayahnya, main badminton. Pada 12 Desember 2018 lalu, Jordy ikut kejuaran Bank Jabar Banten. Nonton bertanding anak sendiri, takutnya bertambah, jangan-jangan kalah karena sungkan ditonton orangtua. Di keluarga suami (Gol A Gong), tradisi badminton sudah melekat. Ternyata kakak dan adiknya juga disegani di Banten dalam urusan badminton. Keluarga badminton, bisa disebut seperti itu. Kakek Jordy juga atlet dan pensiunan Kepala Sekolah Guru Olahraga PGRI Serang.

Tapi sore itu, saya mengalahkan semua ketakutan itu untuk menonton Jordy alias Odie bertanding badminton. Papahnya sedang tur Gempa Literasi di Jawa Timur, 9 Des hingga 20 Desember. Jadi saya mewakili melihat langsung. Senewen sih, belum juga main sudah mules perut. Odi baru aktif main badminton April 2017 di Kurniawan Fortune Badminton Club. Kemudian April 2018 pindah ke Sekolah Badminton Gaharu yang dilatih coach Lutfi.

Supporter sih banyak, pelatih dan teman-teman Odie di Sekolah Badminton Gaharu beserta orangtuanya, mereka menunggui sampai Odie selesai main. Saya juga minta relawan Komunitas Rumah Dunia untuk hadir, agar membantu mengevaluasi permainan. Merekalah yang memberi semangat, tidak hanya ke Odie tapi juga saya. Akhirnya, alih-alih mengkerut dan mules, saya jadi ikut tepuk tangan dan mengarahkan permainan. Hahaha. Untunglah tidak ditegur wasit karena kami jadi paling rame.

Alhamdulillah menang dua set langsung, 21 – 18, 21 – 10. Besok menghadapi lawan yang berat, yang sudah berlatih badminton jauh lebih lama dibanding Odie, yaitu Komeng – seniornya sewaktu di Kurniawan Fortune Badminton Club. Saya tidak mengharuskan Odie menang, cuma berjuang keras dengan strategi. Kata ayahnya, “Menang kalah di olahrga itu biasa. Yang paling penting, berikan permainan terbaikmu, hingga tetes darah penghabisan.”

Jangan cepat berpuas diri, A Odie. Ini belum apa-apa, harus latihan lebih keras lagi. Menang atau kalah itu biasa, tapi proses yang harus ditempuh dalam latihan itu yang lebih bernilai.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Nonton Jordy Bertanding Badminton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s