Tips

SMK Brawijaya Mojokerto Belajar Menulis Cerpen

Minggu 16/12/2018, pagi hari, selepas subuh, saya jalan-jalan menyusuri kota Mojokerto. Saya mampir ke Pasar Tanjung, hal yang saya sukai. Pasar induk ini becek. Jalannya kotor. Khas pasar tradisional Indonesia. Tapi pasar modern hadiah Adaro di Kabupaten Paringin, 5 jam dari Banjarmasin, bersih dan modern. Pukul 07:00 kembali ke hotel. Saya dan Baehaqi Muhammad -relawan Rumah Dunia, siap-siap. Agus Pramono dan Anis Salam menjemput. Titik pertama di SMK Brawijaya.

SMK Brawijaya. Sekitar 70 orang berkumpul di ruang kelas. Saya bertemu lagi dengan Mohammad Saroni – Kepala Sekolah sekaligus penyair. Agus Pramono membuka kelas puisi Sonian. Sambil menunggu giliran sejam lagi, saya berkomunikasi dengan Indra T. Kurniawan – Ketua Dewan Kesenian Mojokerto. Indra janji akan datang ke SMK Brawijaya.

Setelah Baehaqi menyanyi puisi, tiba giliran, saya menjelaskan cerpen 3 babak. Mereka mendapatkan tips menulis cerpen versi saya. Seperti biasa, saya menekankan, bahwa menulis (cerpen, novel, puisi, esai) bukan pekerjaan melamun, tapi berpikir. Adaa 3 tahapan yang harus dilewati; pertama riset (pustaka dan lapangan), menulis, dan merevisi.

Saya juga mengajarkan teknik menulis yang “tidak memberi tahu”, tapi “menunjukkan”. Selain mengingatkan unsur intrinsik dalam cerpen (tema, judul, pesan, sinopsis, alur dan plot, tokoh, karakter, latar tempat dan waktu, dialog, konflik, diksi, majas, point of view, dan ending) juga praktek menulis. Misalnya menuliskan latar waktu, tapi tidak boleh menyebutkannya.

contoh latar waktu “pagi” dituliskan :

“Rudi menendang selimutnya, ketika udara gerah mulai terasa berbarengan dengan cahaya dari timur masuk ke kamarnya dari lubang angin jendela.”

Atau:

“Bola raksasa itu muncul di langit timur; kamarku jadi terasa hangat.”

Latar waktu malam :

“Aku terapung-apung di tengah laut bagai siput, ingin mencomot satu-satu bintang yang bergelantungan di langit.”

Para peserta bersemangat berlatih menulis. Semoga lahir cerpenis handal di SMK Brawijaya nanti. (Gong)

Iklan

2 tanggapan untuk “SMK Brawijaya Mojokerto Belajar Menulis Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s