Traveling

Gong Traveling, Unit Usaha Untuk Rumah Dunia

Gong Traveling adalah lini usaha yang bergerak di biro perjalanan. Ini dimaksudkan untuk mensubsidi operasional dan kegiatan Rumah Dunia. Juga untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan para relawan Rumah Dunia. Setiapo keberangkatan, seorang atau dua relawan diajak jadi tour guide. Kelebihan Gong Travelling adalah tidak sekadar jalan-jalan, tapi sambil menulis. Gol A Gong langsung memberikan pelatihan selama traveling. Biasanya setelah sarapan, di tempat terbuka, atau bahkan sambil traveling ke destinasi setempat, mengenalkan apa itu jurnalistik; mulai dari fakta dan fiksi .Juga tentang tulisan khas (feature). Tulisan saat traveling yang lazim disebut travel writing (catatan perjalanan). 

Setiap peserta secara pribadi didorong untuk memaksimalkan kepekaannya saat traveling sampai menemukan sesuatu (angle) yang menarik untuk dituliskan.Sepulang traveling, mereka menuliskan pengalamannya selama traveling di rumah. Tulisan peserta akan diterbitkan jadi buku oleh Gong Publishing.

Kelebihan lainnya lagi dari Gong Traveling, para peserta diajak mengenal kehidupan warga setempat. Gol A Gong akan mengajak para peserta belajar membaca peta kota, naik-turun bus dan kereta, makan dengan cara mereka. Para peserta merasa tertantang untuk bisa memecahkan kebuntuan persoalan bahasa dan rasa minder. Kapan lagi bisa mengalami menjadi warga setempat di negeri orang?

Ini memang bukan sekadar traveling, tapi bagaimana kita mengenal cara hidup mereka dan menuliskannya. “Nanti para peserta harus mewawancarai warga setempat, agar terjadi interaksi. Saya sarankan banyak bertanya kepada warga setempat, Dengan cara begitu, kita akan dapat banyak hal tentang karakter mereka,” kata Gong, yang merencanakan jalur ke IndoChina, Taiwan dan Hongkong.

Destinasinya yang sejak tahun 2012 sudah berjalan :

  1. #XploreSingapore ; selama 2 malam 3 hari menjadi warga kota Singapura. Kita akan melihat bagaimana negara kecil ini menata kotanya. Bagaimana agama diurus negara, sehingga wraganya tenang beribadah. Bagaimana kebersihan jadi prioritas utama, trotoar untuk pejalan kaki, disiplin antri, mendahulukan yang tua dan cacat, serta hak dan kewajiban dijalankan dengan baik. Biaya Rp. 3,5 juta/orang. Include tiket Jakarta – Singapura PP, penginapan dormy-bed di pusat kota, pelatihan travel writing dan penerbitan buku. Exclude (ditanggung peserta) untuk makan 3 hari sekitar Rp. 600.000,- Transportasi bus dan kereta Rp 400 ribu.
  2. #JalurSutra; traveling ke tiga kota di dua negara. Singapura, Melacca, dan Kuala Lumpur. Lewat darat. Empat malam lima hari. Kita akan mendapatkan wawasan tentang dua negara tetangga itu. Kita bisa melihat dan merasakan, bagaimana transportasi darat seperti bus sangat aman dan nyaman. Terminal bus yang efektif dan mencerminkan martabat mereka. Biaya Rp. 6 juta. Peserta menanggung biaya makan dan transportasi darat, total sekitar Rp. 2 juta.
  3. #XploreHongkong, all in, terima beres Rp. 10 juta. Dua malam tiga hari. Tiket Jakarta – Hong Kong PP, penginapan, makan, transportasi, pelatihan dan penerbitan buku.
  4. #XploreKorea biaya Rp. 14.850.000,- All in. Termasuk pengurusan visa. Empat malam lima hari.
  5. #AmazingBangkok tiga malam empat hari, biaya Rp. 6 juta. Biaya makan dan transportasi lokal ditanggung peserta, total sekitar Rp. 1,5 juta.

Jika ada yang tertarik, perorangan, komunitas atau keluarga, silla kontak Tias Tatanka di 081906311007. Waktu traveling bisa diatur sendiri. Gol A Gong menyesuaikan. (*)

AGENDA :

#XPLORESINGAPORE, 14, 15, 16 Januari 2019.

#XPPLOREKOREA, 24 sd 29 April 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s